granada

Granada Lukisan Keindahan Peradaban Islam di Eropa


shafira.com

Melukiskan keindahan Andalusia bukan hanya sekedar lukisan keindahan alam dan arsitektur bangunan-bangunannya yang luar biasa saja. Tapi ada makna yang jauh lebih indah yang tersimpan di kota bersejarah ini. Negara bagian paling selatan Spanyol yang berbatasan langsung dengan samudra atlantik dan laut Mediterania ini adalah saksi ranah kejayaan islam di eropa pada masa nya. Dan di dalam Andalusia itu sendiri terdapat kota kecil yang juga memiliki sejarah keindahan islam, kota itu bernama Granada.

Granada adalah kota kecil di Andalusia yang menjadi salah satu gudang sejarah dimana ilmu pengetahuan pada masa itu muncul. Jika ada yang mengatakan bahwa Paris adalah gudang ilmu, sastra, ilmiah dan teknologi yang menjadi satu maka bukan tidak mungkin bahwa segala sumber ilmu pengetahuan tersebut adalah warisan dari Granada.

Alhambra menjadi salah satu bangunan peninggalan warisan budaya dunia yang paling terkenal di kota ini, didalamnya terdapat perpustakaan terlengkap dan juga benteng bagi masyarakat muslim Spanyol pada masa nya. Lebih dari sekedar sebuah istana megah yang indah, istana ini juga menjadi simbol kemilau cahaya kemajuan ilmu pengetahuan ketika kota-kota besar lain di Eropa masih terkukung dalam kegelapan, disini islam telah membawa peradaban baru yang esensinya jauh berbeda dengan peradaban sebelumnya bahkan jauh sebelum kebangkitan eropa.

Lukisan keindahan lain dari Granada adalah Hay bin Yaqhdzan(Si Hidup bin Si Sadar), ini merupakan novel-filsafat karya Ibn Thufailyang menjadi salah satu rujukan utama di kalangan intelektual eropa pada zamannya hingga abad ke-18, gaya sastranya mampu menjelaskan keselarasan antara filsafat dan agama. Ibn Thufail hanya salah satu filsuf dari kota Granada yang memancarkan pendar cahaya melalui karyanya.

Saat ini Granada menjadi tujuan favorit bagi wisatawan lokal Spanyol. Almohad yang memberi pengaruh seni arsitektur masih tetap dijaga di wilayah pusat kota yang biasa disebut Albaicin sebagai contoh terbaik bangunan Moor (masyarakat muslim) dan Morisco. Granada juga terkenal di seantero Spanyol dengan Universitas Granada. Memiliki lebih dari sekitar 100.000 Mahasiswa yang memiliki lima kampus berbeda di kota tersebut.

Granada mewarnai keindahan pendar cahaya peradaban eropa pada masa kejayaan islam di Andalusia dengan lahirnya ilmu-ilmu pengetahuan dan keindahan seni arsitektur bangunan yang seharusnya menjadi spirit dan inspirasi kita untuk menghidupkan kembali kejayaan islam.

MSF

Source : Wikipedia

 

 



Related Posts