feature image the enlightment apa saja yang harus disiapkan saat akan beribadah haji di musim panas

Apa saja yang harus disiapkan saat akan beribadah Haji di musim panas?

shafira.com

Tahun 2015 ini, Tanah suci Makkah diperkirakan akan dilanda musim panas dengan suhu esktrim sekitar 50 derajat celcius. Cuaca panas ini akan menyebabkan tubuh mudah terkena dehidrasi, dan kulit menjadi kering. Dan yang paling berbahaya adalah pada saat para jemaah tidak merasa panas padahal kondisi tubuh sudah mengalami dehidrasi yang luar biasa.

Oleh karena itu jemaah senantiasa harus menjaga kondisi tubuhnya di cuaca panas ekstrim. Apa saja yang harus disiapkan untuk mempersiapkan ibadah haji di musim panas? Berikut tipsnya :

Bawalah selalu air

Selama melaksanakan ibadah haji di luar ruangan, jangan lupa untuk selalu membawa perbekalan air. Anda bisa membawa dua botol yang satu diisi dengan air zamzam, dan botol lainnya bisa berbentuk spray yang bisa digunakan untuk menyemprot wajah Anda agar tetap lembap.

Selalu sedia body lotion

Cuaca panas kering dan berdebu akan membuat kulit menjadi kering. Meskipun tubuh Anda tertutup dengan baju panjang, tetapi bukan berarti tidak terlindung sepenuhnya terhadap sinar matahari. Oleskan body lotion sebelum Anda keluar ruangan, dan lakukan berulang setiap kali Anda selesai berwudhu.

Cream Sunblock untuk wajah

Selain tubuh, wajah juga memerlukan sunblock / tabir surya agar mencegah wajah tidak kering dan terbakar oleh sinar matahari. Jangan lupa untuk membawa krim sunblock, dan oleskan berulang setiap kali Anda akan keluar ruangan. Penting juga untuk memilih krim kandungan SPF 30 karena cuaca yang sangat panas, serta perhatikan juga kandungan Vitamin E, aloe vera yang penting untuk menjaga kelembapan wajah.

Menjaga kelembapan bibir dengan lipbalm

Lipbalm juga diperlukan agar bibir tidak kering dan pecah-pecah. Oleskan selalu setiap kali lipbalm sudah menyerap pada bibir dan kering atau pakai berulang setiap kali selesai berwudhu.

Siapkan masker dan kacamata hitam

Cuaca panas dan berdebu akan membuat wajah cepat kusam, dan kulit kering. Agar membantu untuk mencegahnya, gunakan masker serta kacamata hitam agar melindungi mata dari terik matahari dan debu.

Membawa perbekalan buah-buahan

Agar menjaga tubuh Anda selalu terhidrasi, selain meminum air yang cukup juga harus banyak mengkonsumsi buah buahan. Jangan lupa untuk membawa perbekalan buah buahan agar nutrisi dari buah-buahan bisa membantu kondisi tubuh Anda tetap segar.

Selamat menunaikan Ibadah Haji, Semoga menjadi Haji yang Mabrur dan selamat kembali ke tanah air. Semoga bermanfaat.

About the Author

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/ujungber/public_html/media-shafira/wp-content/plugins/facebook-like-and-comment/comments.php on line 21