permainan-seru-untuk-buah-hati

4 Permainan Seru untuk Mengasah Perkembangan Panca Indera si Buah Hati

permainan-seru-untuk-buah-hati

permainan-seru-untuk-buah-hati

shafira.com

Menikmati proses perkembangan si buah hati dari waktu ke waktu adalah anugrah dan kebahagiaan tersendiri bagi seorang bunda. Tentu saja dalam proses ini bunda selalu menginginkan yang terbaik untuk si buah hati. Berikut ini adalah 4 tips permainan seru yang dapat bunda aplikasikan dalam proses perkembangan panca indera si buah hati :

  1. Buah untuk dilihat, dicium dan dicicipi (umur: 2 tahun ke atas)

Material yang Anda butuhkan adalah buah-buahan. Cara bermainnya : sediakan buah-buahan misalnya apel merah, pisang, jeruk anggur dll, kemudian perlihatkan dan perkenalkan kepada si kecil nama buah tersebut satu per satu. Mintalah si kecil untuk menyebutkan kembali nama-nama buah satu persatu. Setelah mengenal warna si kecil dapat anda ajak diskusi mengenai warna, rasa, tekstur dll. Anda juga dapat mengeksplorasi permainan ini dengan menggunakan buah plastik, aneka sayur atau daging (sebagai pengganti buah-buahan) dengan tambahan variasi permainan si anak di tutup matanya dengan sapu tangan, dan mintalah ia menebak buah yang sedang dipegangnya atau yang kita masukkan ke dalam mulutnya.

  1. Mencium toples dengan aroma yang berbeda (Umur: 3 tahun keatas)

Material yang Anda butuhkan adalah 8 buah toples denga 4 macam aroma yang berbeda misalnya: kayu putih, mint, durian, dan kopi. Teteskan aroma tersebut diatas kapas. Masukkan kapas kedalam botol. Masing-masing aroma dimasukkan kedalam 2 toples yang berbeda. Beri tanda dibawah botol untuk pasangan botol dengan aroma yang sama. Taruh botol-botol tersebut dibaki. Cara bermainya: dekatkan salah satu botol kehidung si buah hati. Tanyakan “Ade, tahu aroma apa ini?”, bila si kecil tahu lanjutkan ke botol yang lain. Namun bila si kecil tidak tahu, anda harus memberitahunya lalu lanjutkan ke botol yang lain. Setelah itu ajaklah si buah hati memasangkan botol yang aromanya sama.

  1. Berjalan-jalan sambil mendengar suara (Umur : 5-7 tahun)

Material yang Anda butuhkan jika memungkinkan bawalah recorder untuk merekam suara-suara yang Anda dan si buah hati dengar selama perjalanan, alternative lain bawalah buku catatan. Cara bermainnya: Ajak si kecil berjalan-jalan, tidak perlu jauh-jauh, ke taman dekat rumah juga boleh. Kemudian Anda bisa katakan pada si buah hati, “Selama perjalanan kita hanya boleh mendengar dan tidak boleh bersuara.” Atau bisa saja tidak ada aturan itu, namun anda dan si kecil bisa saja berheti sejenak di beberapa tempat dan mendengar suara disekitarnya. Pada saat berhenti, ciptakan suasana hening, rekam suara-suara itu dengan recorder. Setelah sampai di rumah, anda bisa memutar recorder dan melakukan diskusi tentang suara yang direkam tersebut. Bila anda menggunakan catatan diskusikan berdasarkan hasil catatan tersebut.

  1. Permainan kantong misteri (Umur: 2 tahun ke atas)

Material yang dibutuhkan adalah 2 buah kantong dengan tali cord yang sama (tidak tembus pandang), 2 set benda dengan bentuk geometris berbeda (kubus, bola, prisma dll). Masukkan benda kedalam kantong, setiap bentuk ada dalam tiap kantong. Cara bermain: berikan satu kantong misteri pada anak, dan satunya lagi Anda pegang. Kemudian masukkan tangan Anda ke dalam kantong dan ambillah sebuah benda, contohnya kubus,keluarkan dan tunjukkan kepada buah hati Nada, “lihat, bunda dapat kubus. Ade ingat, nama benda ini kubus”. Minta anak Anda unutk mengambil benda yang bentuknya sama dari kantong tanpa membukanya (ia hanya boleh merabanya). Bila si kecil sudah mendapatkannya, Pujilah dia. Selanjutnya Anda coba dengan benda lainnya.

Selamat bermain.

MSF

Source : Majalah Parents Guide Vol V No 6 Maret 2007, R. Oberlander, June. Slow and steady get me ready. Primamedia Pustaka. Jakarta : 2005.

About the Author