feature image news 10 makanan yang wajib dikonsumsi agar rambut sehat

10 makanan yang wajib dikonsumsi agar rambut sehat

shafira.com

Menjaga kesehatan rambut Anda merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai gaya rambut yang Anda inginkan. Rambut berkilau dan indah, membutuhkan lebih dari shampoo dan conditioner yang baik. Rambut sehat tergantung pada nutrisi tertentu, termasuk protein, asam lemak, omega-3, zat besi, seng, kalsium, biotin, vitamin A,C,E, dan D. Dan di makanan inilah Anda bisa menemukan zat nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut :

Telur

Bagi Anda yang bermasalah dengan rambut rontok, disarankan untuk mengkonsumsi telur. Karena rambut terdiri dari keratin sejenis protein, dan telur mengandung protein tinggi yang bisa membantu pertumbuhan rambur dengan baik serta Vitamin B didalamnya membantu menyehatkan kulit kepala.

Brokoli

Brokoli ternyata bisa menjadi condisioner alami bagi rambut. Karena kaya akan vitamin A dan C yang membantu untuk menghasilkan sebum , zat yang disekresikan oleh folikel rambut. Selain itu brokoli juga kaya akan zat besi, asam, kalsium, seng yang meruoakan nutrisi untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

Salmon

Salmon adalah sumber makanan yang kaya akan proein, asam lemak omega 3, vitamin B12 dan D. Kandungan asalm lemak omega 3 dalam salmon sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut, karena akan membuat kulit kepala lentur dan terhidrasi. Mengkonsumsi salmon secara rutin dapat mencegah rambut kusam dan rontok.

Almond

Dari semua jenis kacang kacangan, Almond dipercaya dapat mencegah rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut dengan baik. Kandungan zinc, asam lemak omega 3 serta Vitamin E yang bisa membuat kulit kepala dapat bersikulasi secara sehat sehingga rambut sehat dan lembab, mengkilap serta tidak bercabang.

Kacang merah

Kacang merah merupakan sumber protein yang tinggi serta kaya akan zat besi, zinc dan biotin. Kandungan tersebut dapat memperkuat helai rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Serta biotin jga dapat membuat rambut sehat secara optimal karena dapat mencegah dari rambu rapuh. Mengkonsumsi kacang merah secara rutin minimal 3x atau lebih dalam waktu seminggu, dapat membuat rambut lebih tebal dan kuat.

Quinoa

Quinoa adalah sejenis gandum yang sarat akan protein, vitamin E, B6,B12, serta mengandung biotin dan niacin. Semuanya kandungan ini dianggap penting untuk pertumbuhan rambut, serta menyeimbangakn produksi minyak alami sehingga kulit kepala lembap dan bebas ketombe

Mangga

Mangga sarat akan vitamin A,E dan C. Vitamin yang terkandung dalam mangga akan membantu melawan ketombe, meningkakan sirkulasi kulit kepala serta mendorong pertumbuhan rambut.

Biji Labu

Biji labu mengandung protein, zinc, selenium, biotin, potassium, cooper, zat besi, vitamin E , magnesium dan kalsium serta asam lemak omega 6. Dengan mengkonsumsi labu, akan membantu rambut sehat, tebal serta mengkilap

Kacang Hijau

Kacang hijau juga mengandung zat besi, zinc, kalium, vitamin B, seperti folat, B6, B12 yang membuat rambut sehat dan kuat, serta membantu dalam memproduksi sel-sel darah merah yang membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk kulit kepala.

Keju Cottage

Keju Cottage megandung dua protein kualitas tinggi yang mencegah kulit kepala kering seperti whey dan kasein. Tanpa protein yang cukup akan membuat rambut mudah rapuh dan rusak. Keju cottage juga mengandung vitamin D dan B5 yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Dambakan rambut sehat optimal? Ayo hidup sehat!!

About the Author