tips berlibur ke luar negeri

Tips Mempersiapkan Liburan Ke Luar Negeri


shafira.com

Berlibur keluar negeri kedengarannya mengasyikkan, tapi dibalik itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan. Agar liburan Anda dapat berjalan lancar, tanpa hambatan sedikitpun, dan tetap menikmati liburan di negara orang lain, maka Anda harus menyimak apa saja tips berlibur ke luar negeri:

1.    Tentukan Negara Tujuan

Kemanakah tujuan berlibur Anda nanti? Eropa bisa jadi pilihan, disana banyak negara-negara yang dapat dikunjungi. Mungkin Paris, Italia, Spanyol sudah sering menjadi target liburan. Tapi tahukah Anda bahwa ada negara lain yang sangat recommended untuk liburan? Andalusia, sebuah daerah di selatan Spanyol ini dapat menjadi pilihan. Disini Anda akan menemukan sejarah kejayaan islam. Sebuah bangunan megah di Cordoba menjadi salah satu saksi sejarah yang ikut berubah. Bagi umat Islam, bangunan tersebut adalah sebuah mesjid yang kini dialihfungsikan sebagai katerdral. Sebaliknya, bagi umat Kristen, bangunan ini merupakan gereja yang diubah menjadi mesjid, lalu kembali diubah menjadi katedral. Jika ingin melihat keindahannya silahkan berkunjung kesana.

traveling shafira2.    Mencari Informasi Negara Tujuan

Ketika Anda sudah memiliki negara pilihan, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang negara tersebut. Perlu diingat juga, tidak semua negara fasih berbahasa inggris. Jadi tidak ada salahnya untuk mempersiapkan kamus bahasa lokal sehingga memudahkan komunikasi dengan penduduk setempat. Tidak ada salahnya juga untuk membeli buku yang membahas tentang negara yang akan kita tuju, disitu akan banyak informasi referensi tempat wisata, hotel, maupun restoran.

3.    Tanggal keberangkatan

Tentukan rencana tanggal keberangkatan yang tepat, jangan sampai menentukan liburan  keluar negeri secara mendadak, terutama apabila kita kurang mengenali perkembangan atau musim cuaca apa yang sedang terjadi disana.

4.    Dokumen Perjalanan

Setelah mengetahui tanggal keberangkatan dan negara tujuan, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah menyiapkan dokumen. Yang terpenting adalah paspor, kemudian visa. Segera cari informasi apakah negara yang akan kita tuju memberlakukan Visa On Arrival atau    tidak. Jika iya, kita tidak perlu mendatangi konsulat atau kedutaan besar negara tersebut karena sudah bisa kita dapatkan di bandara negara tujuan. Tapi jika tidak, Anda perlu  mengunjungi konsulat, kemudian tanyakan apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk  membuat visa turis. Biasanya syarat yang dibutuhkan berupa asuransi perjalanan, bukti   reservasi tiket dan hotel, dan lain sebagainya.

5.    Tiket Pesawat

Cari informasi tentang keberangkatan maskapai-maskapai penerbangan ke negara tujuan serta cari tahu juga mengenai baggage allowance maskapai tersebut.

6.    Reservasi Hotel dan Restoran

Agar setibanya Anda ke negara tujuan bisa berjalan lancar dan bisa segera beristirahat,    sebaiknya Anda harus mencari tahu dulu dimana Anda akan menginap dan segera lakukan reservasi. Setidaknya lakukan reservasi hotel untuk 2-3 malam, reservasi selanjutnya bisa dilakukan dinegara tersebut setelah sampai. Selain itu cari tahu juga jenis makanan yang dijual, beberapa makanan mungkin ada yang tidak berhak (haram) untuk dimakan, maka dari    itu kita harus selektif.

7.    Barang Bawaan dan Uang

Bawa barang seperlunya, untuk busana gunakan prinsip mix n match. Yang terpenting adalah cari tahu dulu musim apa yang sedang terjadi disana agar Anda bisa menyiapkan busana yang sesuai dengan cuaca di negara tersebut.

Kemudian jangan lupa untuk membawa obat-obatan yang biasa kita konsumi, untuk mengantisipasi kalau-kalau Anda sakit disana. Setelah itu adalah uang, hitunglah budget yang       diperlukan selama Anda liburan. Jangan lupa sebelumnya Anda harus sudah menukarkan    mata uang di money changer. Kartu kredit juga membantu agar kita tidak repot          membawa       banyak uang tunai selama perjalanan.

Dengan perencanaan yang matang, maka Anda akan mendapatkan liburan yang memuaskan. Namun, jika tidak ingin direpotkan dengan segala persiapan yang berhubungan dengan dokumen, reservasi hotel sampai tiket pesawat, Anda dapat menghubungi agen perjalanan terdekat. Selamat Berlibur!

 

SNN

Source: informasitips